MANAJEMEN PEMASARAN I
AKADEMI MANAJEMEN MALANG
JALAN PAHLAWAN SUNARYO 200 PANDAAN PASURUAN
TELP . (0343 ) 635300 (0343) 633365
MANAJEMEN PEMASARAN I
• Managemen = Pimpinan , Direksi Pengurus
• Manager = Pengurus / Pemimpin
• Pasar Pe-masar-an = Tempat orang berjual beli kekuatan penawaran dan
permintaan tempat penjuan yang ingin menukar barang atau jasa dengan uang dan pembeli yang ingin menukar uang dengan barang atau jasa
Apa itu Pemasaran ?
• The American Marketing Association ( AMA, 2004) mendifinisikan sebagai berikut :
Pemasaran adalah satu fungsi organisasi dan seperangkat proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan , dan menyerahkan nilai kepada pelanggan dan mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan para pemilik sahamnya
1. PENGERTIAN PEMASARAN
KOTLER (2000) è PEMASARAN ADALAH AKTIVITAS MANUSIA YANG DIARAHKAN UNTUK PEMUASAN KEBUTUHAN DAN KEINGINAN MELALUI PROSES EPRTUKARAN.
FUNGSI PEMASARAN: PEMBELIAN, PENJUALAN, TTRANSPORTASI, PENYIMPANAN, PEMBIAYAAN, PENANGANAN RESIKO, PEROLEHAN INFORMASI PASAR DAN STANDARDISASI, GRADING
1950-1980 è PRODUCT DRIVEN
1980 –AN è MARKET DRIVEN
1990-AN è MARKET DRIVING
Apa yang dipasarkan dan siapa yang Memasarkan
• Apa yang dipasarkan ? ….. Barang , jasa , Acara Khusus , Pengalaman , Orang , Tempat , Properti ( Harta berupa tanah dan Bangunan serta sarana dan prasarana yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan ) Organisasi , Informasi dan gagasan
Siapa Yang Memasarkan ?
• Pemasar yaitu sesorang yang mencari tanggapan ( Perhatian , Pembelian , Suara , Donasi ) dari pihak lain dan prospek ( kemungkinan / harapan / Keterangan tertulis dan terperinci mengenai kegiatan baru dalam perusahaan atau Organisasi yang disebarluaskan kepada umum / disampaikan kpd kelompok tertentu / IKLAN , BUKU , SELEBARAN
Orientasi Perusahaan ke Arah Tempat Pasar
- Konsep Produksi
-. Salah satu konsep tertua dalam bisnis
-. Konsumen akan memilih produk yang tersedia dimana - mana
2. Konsep Produk
- Konsumen lebih menyukai produk yang menawarkan fitur paling bermutu,berprestasi atau inovasi
KONSEP PEMASARAN
- MENGIDENTIFIKASI DAN MEMUTUSKAN
- MENENTUKAN
3. MENGAWINKAN
4. KEINGINAN PELANGGAN DAN MEMUASI KEBUTUHAN MEREKA, KEPUASAN APA YANG DIHARAPKAN
5. BAGAIMANA KEINGINAN DAN KEBUTUHAN PELANGGAN AKAN DIPUASI, DAN MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB SEMUA BAGIAN DALAM PERUSAHAAN
6. SASARAN PERUSAHAAN DENGAN USAHA PERUSAHAAN UNTUK MEMUASI PELANGGAN
Proses Bisnis Inti
v Proses memahami Pasar
v Proses realisasi Produk baru
v Proses mendapatkan Pelanggan
v Proses Manajemen Pemenuhan
Kompetensi Inti,Orientasi Pemasaran Holistik dan Nilai Pelanggan
Kemampuan inti memiliki 3 Karakteristik :
• Sumber Keunggulan Kompetensi yang akan menciptakan kontribusi besar bagi manfaat pelanggan yang dipahami
• Memiliki Aplikasi di berbagai pasar
• Sulit untuk ditiru oleh pesaing
Kerangka kerja pemasaran holistik untuk menjawab 3 pertanyaan
• Eksplorasi nilai – Bagaimana perusahaan dapat mengidentifikasi peluang baru
• Penciptaan nilai – Bagaimana perusahaan secara efisien dapat menciptakan tawaran nilai baru yang lebih menjanjikan
• Penyerahan nilai – Bagaimana perusahaan menggunakan kapabilitas dan infrastrukturnya untuk menyerahkan nilai baru secara lebih efisien
4.P Penjual Berhubungan dengan 4 C Pelanggan
EMPAT P
Product / Produk
Price / Harga
Place / Tempat
Promotion / Promosi
EMPAT C
• Customer solution/ langganan pemecacan masalah
• Customer Cost /langganan harga
• Convenience/serasi,mudah,senang
• Communication / Komunikasi
Konsep ,Tren, dan Tugas Pemasaran Fundamental
Konsep Inti
• Kebutuhan,Keinginan, dan Permintaan
• Pasar sasaran,penentuan posisi dan segmentasi/pembagian struktur sosial
• Tawaran dan merek
• Nilai dan kepuasan
• Saluran Pemasaran
• Rantai Pasokan
• Persaingan
• Lingkungan Pemasaran
• Perencanaan Pemasaran
Pergeseran Dalam Manajemen Pemasaran
1.Pemasaran melakukan tugas pemasaran Setiap orang melakukan tugas pemasaran
2. Pengorganisasian oleh unit Produk Pengorganisasian melalui segmen pelanggan
3. Membuat segala sesuatu .... membeli lebih banyak barang dan jasa dari luar
4. Menggunakan banyak pemasok Bekerja dengan lebih sedikit pemasok dalam kemitraan
5. Menekankan pada aset tak berwujud
6. Membangun merek melalui iklan membangun merek melalui kinerja dan komunikasi terpadu
7. Menarik pelanggan melalui toko dan tenaga penjual Menyediakan produk secara online
8. Menjual kepada setiap orang Upaya menjadi perusahaan terbaik yang melayani pasar sasaran yg ditetapkan dng baik
.9. Berfokus pada transaksi yang mampu menghasilkan laba Berfokus pada nilai masa hidup pelanggan
10. Menjadi lokal Menjadi Global --- baik global maupun lokal
11. Berfokus pada pemegang saham Berfokus pada pemercaya
12. Berfokus pada keuntungan “ Market Share “ Berfokus pada membangun Customer Share
Divisi Perencanaan Stratejik dan Perusahaan
• Menetapkan misi Perusahaan
• Mengidentifikasikan bisnis
Didefinisikan dari 3 dimensi
ü Kelompok pelanggan
ü Kebutuhan Pelanggan
ü Teknologi
Pemberian sumber daya untuk tiap – tiap Strategic Business Unit ( SBU )
• Menilai peluang pertumbuhan
ü Pertumbuhan Intensif
ü Pertumbuhan Integratif
ü Pertumbuhan Diversifikasi
ü Perampingan dan pelepasan bisnis lama
Perencanaan Stratejik Unit Bisnis
• Misi Bisnis
• Analisa SWOT
• Analisis lingkungan Eksternal ( Analisis peluang dan ancaman
• Analisis lingkungan Internal ( Analisis kekuatan dan kelemahan )
• Perumusan sasaran
• Perumusan Strategi
• Perumusan dan Implementasi program
• Umpan balik dan Pengendalian
Perumusan Program
Setelah unit bisnis mengembangkan strategi utamanya , unit bisnis tersebut harus mengembangkan program pendukung yang terinci
Setelah program pemasaran dirumuskan,staf pemasaran harus mengevaluasi biaya program tersebut – Activity based cost (ABC) accounting hrs diterapkan masing-masing kegiatan pemasaran utk menentukan keg tersebut akan memberikan hasil yg cukup utk menutupi biayanya.
Implementasi Program
1. Sebuah Strategi pemasaran yang besar dapat rusak oleh implementasi yang buruk
Dalam mengimplementasi strategi perusahaan harus tidak kehilangan pandangan mereka tentang banyak pemercaya dan kebutuhan mereka Sebuah hubungan dinamik yang mengkaitkan atau berfokus pada kelompok pemegang saham
2. Menurut Mc Kinsey & Company : Strategi hanyalah salah satu dari 7 unsur dalam praktik bisnis yang sangat berhasil
3. Unsur pertama adalah : Strategi,Struktur , dan sistem dianggap “ Hardware “ Keberhasilan
4. Unsur selanjutnya : Gaya ( Style ) , Ketrampilan ( Skill ) Staf ( Staff ) dan nilai bersama ( Shared Value ) adalah perangkat lunak “ Software “
Pengorganisasian Pemasaran
Perusahaan harus mengorganisasikan berbagai macam fungsi yang melekat pada perusahaan yang berorientasi pada pasar sejak dini dalam proses pengembangan produk baru yang siap untuk dijual , serta fungsi pemasaran lainnya. Dan bagaimana melaksanakan rencana pemasaran itu supaya berhasil dengan baik di pasar
Pembentukan Staf
Perencanaan untuk memperoleh hasil yang diharapkan membutuhkan karyawan yang mempunyai ketrampilan dan dedikasi yang baik,Pertama, Keingintahuan,Inovasi dan Kemampuan untuk memahami informasi dari berbagai sumber Kedua ,Ketertarikan yang kuat kepada pelanggan , Ketiga, Ketrampilan utk menganalisis , Keempat, Kreatifitas yang dapat diterapkan untuk mencapai hasil yang dapat diukur
Pengarahan
Pengarahan eksekusi rencana pemasaran merupakan tahapan ketiga dari implementasi pemasaran . Kesuksesan dalam tahap ini bergantung pada empat aspek dalam mengelola karyawan, yaitu
- Delegasi
- Koordinasi
- Motivasi dan
- Komunikasi
Umpan Balik dan Pengendalian
Ketika melaksanakan strateginya , perusahaan perlu menelusuri hasilnya dan memantau perkembangan baru
Beberapa lingkungan menjadi Stabil dari tahun ke tahun
Lingkungan lainnya perlahan – lahan berevolusi dengan urutan langkah yang dapat diperkirakan
Lingkungan yang lainnya lagi dapat mengalami perubahan yang besar , cepat dan tidak dapat diramalkan bahwa pasar akan berubah perusahaan harus meninjau ulang dan merevisi kegiatan pelaksanaan , program,strategi,atau bahkan tujuannya mungkin saja perusahaan tetap efisien , tetapi kehilangan efektivitasnya
Menurut Peter Drucker lebih penting” mengerjakan hal yg benar”(Efectiveness)daripada “mengerjakan sesuatu dengan benar(Efficiency)
Perencanaan Produk : Sifat dan isi Rencana Pemasaran
Rencana Pemasaran : Adalah dokumen tertulis yang meringkaskan apa yang sudah dipelajari oleh pemasar tentang tempat pasar dan menunjukkan cara perusahaan berencana mencapai tujuan pemasarannya
• Isi Rencana Pemasaran
ü Ikhtiar eksekutif dan daftar isi
ü Analisis Situasi
ü Strategi Pemasaran
ü Proyeksi Finansial
ü Pengendalian Implementasi
Sistem Informasi Pemasaran
• Terdiri dari orang, peralatan,dan prosedur untuk mengumpulkan ,menyortir,menganalisis ,mengevaluasi dan mendistribusikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan , tepat waktu ,dan akurat kepada para pembuat keputusan pemasaran
• Dikembangkan dari catatan perusahaan Internal melalui kegiatan inteligensia pemasaran dan riset pemasaran
• Harus merupakan persilangan antara apa yang dianggap perlu dan yang sesungguhnya diperlukan oleh manajer, dan layak secara ekonomis
Komponen Sistem Informasi Pemasaran ( SIP )
• Pencatatan Internal
• Inteligensi Pemasaran
• Marketing Decision Support System (MDSS)
• Penelitian Pemasaran
Pencatatan Internal
• Siklus pesanan sampai dengan pembayaran, meningkatkan kecepatan , ketepatan dan efisiensi siklus pesanan sampai dengan pembayaran
• Sistem informasi penjualan
• Basis data,gudang data, dan penggalian data Basis data pelanggan,basis data produk
, basis data tenaga penjual gudang data Diakses oleh para pengambil keputusan
Sistem Intelijen Pemasaran
• Sistem Intelijen Pemasaran : Adalah seperangkat prosedur dan sumber yang digunakan oleh para manajer untuk memperoleh informasi harian mengenai perkembangan di lingkungan pemasaran
• Hal ini didapat dari buku,surat kabar,publikasi perdagangan ,berbicara dengan para pelanggan/pemasok dan distributor, bertemu dng para manajer perusahaan lain
Perusahaan dapat melakukan beberapa langkah untuk memperbaiki mutu intelijen pemasaran Yaitu
- Melatih dan mendorong tenaga penjual untuk menemukan dan melaporkan sejumlah perkembangan baru
- Memotivasi para distributor , pengecer , dan perantara pemasaran lain supaya menyampaikan informasi intelijen pesaing
- Membuka jaringan secara eksternal
- Membentuk Panel penasehat pelanggan
- Memanfaatkan sumber daya data Pemerintah
- Membeli Informasi dari pemasok luar
- Menggunakan sistem umpan balik pelanggan Online untuk mengumpulkan Intelijen persaingan
Nilai Yang dipikirkan Pelanggan
Customer Perceived(CPV) / Nilai yang dipikirkan pelanggan adalah selisih antara evaluasi calon pelanggan atas semua manfaat serta semua biaya tawaran tertentu dan alternatif lain yang dipikirkan
Kepuasan total Pelanggan
Pembeli akan merasa puas setelah melakukan pembelian , tergantung pada kinerja tawaran dalam pemenuhan harapan pembeli
Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan kinerja ( hasil ) produk yang dipikirkan terhadap kinerja ( Hasil) yang diharapkan
Profitabilitas Pelanggan
Pelanggan yang mampu menghasilkan laba/Profibilitas pelanggan adalah orang, rumah tangga , perusahaan dari waktu ke waktu memberikan arus pendapatan yang jauh melebihi arus biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menarik, menjual dan melayani pelanggan tersebut
Nilai Seumur Hidup Pelanggan
Kasus pemaksimalan profibilitas pelanggan jangka panjang ditangkap dalam konsep nilai seumur hidup
Customer Lifetime Value ( CLV ) : menggambarkan nilai sekarang arus laba masa depan yang diharapkan selama pembelian seumur hidup pelanggan
Ekuitas Pelanggan
Ekuitas Pelanggan : Total nilai seumur hidup semua pelanggan perusahaan yang didiskonkan semakin setia pelanggan, maka semakin tinggi ekuitas pelanggan
3 Faktor yang mempengaruhi ekuitas pelanggan
- Ekuitas Nilai : Penilaian obyek pelanggan atas kegunaan tawaran berdasarkan pemikiran tentang manfaat yang kemudian dibandingkan dengan biayanya
- Ekuitas merek
- Ekuitas Relasional / hubungan
Manajemen Relasi Pelanggan (CRM)
CRM : Adalah Proses mengelola informasi yang rinci tentang masing-masing pelanggan dan secara cermat mengelola semua titik sentuhan pelanggan demi untuk memaksimalkan kesetiaan pelanggan Customer Relationship Management
Empat langkah kerangka kerja untuk pemasaran sebagai berikut :
• Identifikasi calon dan pelanggan anda
• Bedakan pelanggan berdasarkan : kebutuhan dan nilai pelanggan bagi perusahaan anda.
• Berinteraksi dengan masing-masing pelanggan untuk memperbaiki pembelajaran anda tentang kebutuhan mereka masing-masing dan untuk membangun relasi yang lebih kuat
• Sesuaikan produk, layanan, dan pesan dengan kebutuhan masing-masing pelanggan
Database Pelanggan & Pemasaran Berbasis Data
• Database Pelanggan:Kumpulan terorganisir atas informasi menyeluruh tentang masing-masing pelanggan atau salon pelanggan yang terbaru dapat diakses dan dapat ditindaklanjuti uantuk tujuan pemasaran seperti mendapatkan info awal tentang pelanggan
• Pemasaran Berbasis Data: adalah Proses membentuk, mempertahankan , dan menggunakan database pelanggan dan database lain ( Produk ,Pemasok pedagang perantara ) untuk tujuan mengontak , melakukan transaksi , dan menjalin relasi
MENGANALISIS PASAR KONSUMEN
Apa Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen ?
Ø Perilaku pembelian konsumen dipengaruhi oleh faktor budaya , sosial,pribadi dan psikologis
Ø Faktor Budaya mempunyai pengaruh paling luas dan paling dalam
Ø Budaya,Sub budaya dan kelas sisoal Important influences on Consumer Behavior
Faktor Budaya
• Budaya merupakan faktor penetu keinginan dan perilaku paling dasar anak-anak yang sedang bertumbuh mendapat seperangkat nilai , persepsi preferensi dan perilaku dari keluarga dan lembaga-lembaga penting lain
• Budaya terdiri dari sejumlah sub budaya yang lebih menampakkan identifikasi dan sosialisasi khusus bagi anggotanya
• Sub Budaya mencakup kebangsaan , agama , kelompok ras , dan wilayah geografis
• Kelas Sosial menunjukkan preferensi atas produk dan merek yang berbeda – beda di sejumlah bidang yang mencakup pakaian , perabot rumah tangga , kegiatan waktu luang dan mobil
Faktor Sosial
• Faktor Sosial : Kelompok acuan ,keluarga ,peran dan status sosial
• Kelompok acuan seseorang terdiri dari semua kelompok yang memiliki pengaruh langsung atau tidak langsung terhadap sikap atau perilaku orang tersebut
• Keluarga merupakan organisasi pembelian konsumen yang paling penting dalam masyarakat dan menjadi kelompok acuan primer yang paling berpengaruh
• Peran dan Status : Peran meliputi kegiatan yang diharapkan akan dilakukan oleh seseorang masing- masing peran menghasilkan status
Faktor Pribadi
Faktor Pribadi Meliputi usia dan tahap siklus hidup pekerjaan , keadaan ekonomi, kepribadian dan konsep diri serta nilai gaya hidup pembeli
Usia dan tahap siklus hidup; pemasar harus memberi perhatian yang besar pada peristiwa penting dalam hidup atau masa peralihan, karena peralihan memunculkan kebutuhan baru
• Pekerjaan dan lingkungan ekonomi; pekerjaan seseorang juga mempengaruhi pola konsumsi dan pilihan produk sangat dipengaruhi oleh keadaan ekonomi seseorang.
• Kepribadian dan konsep diri; kepribadian digambarkan dengan menggunakan ciri bawaan seperti kepercayaan diri, kominasi, otonomi kehormatan, kemampuan bersosialisasi, pertahanan diri, dan kemampuan beradaptasi.
• Gaya hidup dan nilai;
• Gaya hidup adalah pola hidup seseorang yang terungkap pada aktiivitas, minat, dan opininya.
• Gaya hidup menggambarkan “keseluruhan diri seseorang’ yang berinteraksi dengan lingkungannya.
Para pemasar mencari hubungan antara produk mereka dan kelompok gaya hidup
PASAR BISNIS VERSUS PASAR KONSUMEN
Pasar bisnis memiliki beberapa ciri yang sangat berbeda dengan pasar konsumen, yaitu :
• Pembelinya lebih besar dan lebih sedikit
• Hubungan pemasok-pelanggan erat
• Pembelian proffesional
• Beberapa pengaruh pembelian
• Kunjungan penjualan ganda
• Permintaan turunan
• Permintaannya tidak elastis
• Permintaannya berfluktuasi
• Para pembeli terkonsentrasi geografisnya
• Pembelian langsung.
SITUASI PEMBELIAN
Bergantung pada situasi pembelian : kerumitan masalah yang harus dipecahkan, barunya persyaratan pembelian, jumlah orang yang terlibat, dan waktu yang diperlukan.
Tiga jenis situasi pembelian :
• Pembelian ulang langsung
• Pembelian ulang modifikasi
• Tugas Baru
PESERTA PROSES PEMBELIAN BISNIS (PUSAT PEMBELIAN
• Pencetus (Initiators)
• Pemakai (Users)
• Pemberi pengaruh (Influencers)
• Pengambil keputusan (Deciders)
• Pemberi persetujuan (Approvers)
• Pembeli (Buyers)
• Gatekeepers
TAHAP-TAHAP PROSES PEMBELIAN
• Pengenalan masalah
• Perumusan kebutuhan umum
• Spesifikasi produk
• Pencarian pemasok
• Permintaan pengajuan proposal
• Penilaian pemasok
• Spesifikasi rutinitas pesanan
• Penilaian kinerja
HAL PENTING DARI JASA
JASA: ADALAH HASIL DARI PENGGUNAAN MANUSIA DAN MESIN TERHADAP SEJUMLAH ORANG ATAU OBYEK
MELIPUTI : PERBUATAN, KINERJA, UPAYA YANG TIDAK BISA DIPROSES SECARA FISIK
INDUSTRI JASA SANGAT EBRAGAM DAN BERKAITAN DENGAN EMPAT SEKTOR UTAMA YI :
1. SEKTOR PEMERINTAH
2. SEKTOR NIRLABA SWASTA
3. SEKTOR BISNIS
4. SEKTOR MANUFAKTUR
PERBEDAAN JASA DENGAN BARANG
KARAKTERISTIK JASA :
1. INTANGIBILITY (TIDAK BERWUJUD),
2. INSEPARATIBILITY (TIDAK DIPISAHKAN),
3. HETEROGENITY (KERAGAMAN),
4.PERISHABILITY ( TIDAK TAHAN LAMA)
1. INTANGIBILITY
TIDAK BISA DIPEGANG, DILIHAT, DICICIPI, DIDENGAR ATAU DIRASAKAN SEBAGAIMANA YANG TERJADI PADA BARANG, TIDAK BISA DISIMPAN DAN UMUMNYA MUDAH DITIRU. SULIT MENCARI KUALITAS PENCARIAN (QUALITY SEARCH). JASA CENDERUNG MENUNJUKKAN PENGALAMAN DAN KUALITAS KEPERCAYAAN. KUALITAS PENGALAMAN ADALAH KARAKTERISTIK YANG HANYA DAPAT DICARI BILA TELAH MEMPERGUNAKAN. KUALITAS KEEPERCAYAAN ADL SESUATU YANG SULIT UNTUK DITERJEMAHKAN.
2. INSEPARABILITY
PRODUKSI DAN KONSUMSI MERUPAKAN PERISTIWA YANG TIDAK BISA DIPISAHKAN. ARTINYA ADALAH BAHWA KONSUMEN HARUS BERADA SELAMA PRODUKSI JASA BERLANGSUNG. CONTOHNYA ADALAH PBM KONVENSIONAL, DIMANA GURU DENGAN MURID HARUS BERADA DITEMPAT DIMANA PROSES PBM SEDANG BERLANGSUNG. JASA SECARA NORMAL TIDAK DIPRODUKSI PADA SUATU LOKASI YANG TRPUSAT DAN DIKONSUMSI PADA LOKASI YANG BERBEDA. JASA TIDAK BISA DIPISAHKAN DARI PERSPEKTIF PENYEDIA JASA.
3. HETEROGENITY
JASA YANG DITAWARKAN TIDAK SERAGAM DIBANDINGKAN BARANG. CONTOHNYA ADALAH PENDEKATAN GURU/KEPSEK DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN MURID/KELAS/SEKOLAH, PASTI AKAN BERBEDA SATU DENGAN YANG LAINNYA. KINERJA YANG DITUNJUKKAN OLEH GURU BISA BERBEDA TERGANTUNG PADA WAKTU, KESEHATAN FISIK DAN FAKTOR LAINNYA KARENA JASA CENDERUNG PADAT KARYA. KARENA ITU STANDARDISASI DAN PELATIHAN BISA MENINGKATKAN KONSISTENSI DAN KETERANDALAN. CARANYA ADALAH DENGAN MEKANISASI, CONTOHNYA ADALAH JASA PARKIR YANG DIGANTIKAN OLEH MESIN OTOMATIS, BADNAR MEMPERGUNAKAN X-RAY UNTUK MENGGANTIKAN PEMERIKSAAN BAGASI ATAS BARANG SECARA MANUAL. PERTANYAANNYA, BISAKAN MEKANISASI INI DITERAPKAN DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN?
4. PERISHABILITY
JASA TIDAK BISA DISIMPAN, DIGUDANGKAN ATAU DIJADIKAN PERSEDIAAN. SATU TANTANGAN DALAM INDUSTRI JASA ADALAH MENEMUKAN CARA UNTUK MENYESUAIKAN ANTARA PERMINTAAN DENGAN PENAWARAN. FILOSOFINYA ADALAH SEDIKIT PENDAPATAN LEBIH BAIK DARIPADA TIDAK SAMA SEKALI SEHINGGA LEMBAGA PENDIDIKAN BISA MENAWARKAN KEBIJAKAN HARGA PADA SAAT-SAAT TERTENTU UNTUK MENARIK MINAT MURID/MAHASISWA.
KUALITAS JASA
• KEANDALAN/RELIABILITY è ANDAL. AKURAT, KONSISTEN, PELAYANAN TEPAT WAKTU
• CEPAT TANGGAP/RESPONSIVENESS è MEMBERI PELAYANAN YANG SEGERA, MISALNYA WAKTU MASUK KELAS, JAM ISTIRAHAT
• KEPASTIAN/ASSURANCE è KESOPANAN GURU/DOSEN/KARYAWAN DAN KEMAMPUAN UNTUK MENIMBULKAN KEPERCAYAAN
• EMPATI/EMPATHYè ADA PERHATIAN, MISALNYA KENAL NAMA, BELAJAR MEMAHAMI TUNTUTAN KONSUMEN.
BERWUJUD/TANGIBLES è BUKTI FISIK DARI JASA, DIANTARANYA ADALAH FASILITAS FISIK, PERKAKAS/PERALATAN UNTK MENGHASILKAN JASA. DALAM DUNIA PENDIDIKAN MISALNYA AUDIO VISUAL, RUANG KELAS, SARANA KELAS, SARANA SEKOLAH, PENAMPILAN GURU/DOSEN, KAMAR KECIL, RUANG GURU/KASEK, UKS
1. PRODUCT (PRODUK): SESUATU YANG DAPAT DITAWARKAN KEPADA PASAR UNTUK DIMILIKI, DIGUNAKAN, ATAUPUN DIKONSUMSI UNTUK MEMENUHI SUATU KEBUTUHAN DAN ATAU KEINGINAN
2. PRICE (HARGA): NILAI YANG HARUS DIKORBANKAN OLEH KONSUMEN DAN DITERIMA OLEH PRODUSEN UNTUK MEMPEROLEH ATAU MENYERAHKAN SUATU PRODUK
3. PLACE (DISTRIBUSI): PENYAMPAIAN PRODUK DARI PRODUSEN KEPADA KONSUMEN
4. PROMOTION (PROMOSI): UPAYA YANG DILAKUKAN UNTUK MEMBERITAHUKAN, MENGINGATKAN DAN MEMBUJUK KONSUMEN UNTUK MENGETAHUI DAN MENGKONSUMSI SUATU PRODUK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar